RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Karimun
Mata Pelajaran : Prakarya
Kelas / Semester : X / Ganjil
Materi Pokok :
Sistem Produksi Kerajinan
Alokasi Waktu :
6JP (3 x Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
Kompetensi sikap spiritual dan sosial:
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
Kompetensi pengetahuan:
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi
pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural,dan metakognitif
berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,budaya,dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan,kebangsaan,
kenegaraan,dan
peradaban terkait
penyebabfenomena dan
kejadian,
serta menerapkan
pengetahuan prosedural
padabidang kajianyang spesifik sesuai
denganbakat
dan minatnyauntuk memecahkan
masalah.
Kompetensi keterampilan:
KI4: Mengolah,menalar,menyaji,dan
menciptadalamranah
konkret dan
ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinyadi
sekolah
secara mandiri
sertabertindak secara
efektifdan
kreatif,danmampumenggunakan metodasesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan IndikatorPencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
DARI KI 3
|
KOMPETENSI DASAR
DARI KI 4
|
3.3. Memahami sistem produksi kerajinan dengan inspirasi budaya
lokal non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang
dimiliki oleh daerah setempat
|
4.3. Memproduksi kerajinan dengan inspirasi budaya local non benda
dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah
setempat.
|
1.
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3.1.
Menyebutkan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2.Menjelaskan macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi
budaya lokal non benda.
3.3.3.Menentukan
teknik produksi kerajinan
3.3.4.Menguraikan
tahapan proses produksi kerajinan
3.3.5.Menerapkan
teknik penyajian pengemasan
|
1.
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
4.4.1.Membuat kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda
dan material daerah sekitar.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model
pembelajarandiscovery learningdengan
pendekatan sanitifik, peserta didik
dapat membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas ( kulit gonggong
dan Koran ) sebagai bahan material sehingga peserta didik dapat membuat
kerajian dengan inspirasi budaya non
benda secara kelompok, serta peserta didik dapat menampilkan hasil
karyanya sendiri,
dengan peduli, responsif, tanggung jawab, dan proaktif selama proses
pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D.
Materi
Pembelajaran
Struktur dan fungsi jaringan hewan
1.Produksi
kerajinan dengan inspirasi budaya non benda
2. Jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.
Macam-
macam kerajian berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
4. Teknik produksi kerajinan
5. Tahapan proses produksi kerajinan
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Ceramah,
diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan
Model : Discovery
Learning
F.
Media Pembelajaran
Media/Alat : Kertas
Koran, kulit gonggong, tang, kawat, cat
G. Sumber Belajar
1.
Buku Prakarya Kelas X , Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta 2017
2.
Internet.
3.
Buku/sumber
lain yang relevan.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.3.1.Menyebutkan jenis dan
karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2. Menjelaskan macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi
budaya lokal non benda.
4.3.1. .Membuat
kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar.
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Guru
memberi salam, dilanjutkan dengan meminta salah seorang peserta didik memandu
do’a.
b. Menyanyikan
lagu Indonesia Raya (khusus di jam pertama) setelah itu guru menanyakan
“kabar” kepada peserta didik, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
c. Guru
mengajak peserta didik untuk membersihkan sampah yang ada di bawah
meja/bangku masing-masing.
d. Dilanjutkan
dengan kegiatan Literasi
e.
Memotivasi siswa dengan menunjukkan
hasil karya peserta didik sebelumnya tentang pemanfaatan barang bekas,
kemudian guru mengajukan pertanyaan “
Berdasarkan hasil kerajinan tangan yang kalian lihat, dapatkah kalian
melanjutkan dan membuat kerajian tangan dengan karya kalian? Dengan inspirasi
buadaya non benda?
f. Guru
mengajakpeserta didik mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan menyampaikan
cakupan materi.
g.
Guru menyampaikan
metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat
membahas materi Produksi kerjinan dengan inspirasi budaya non benda.
|
10 Menit
|
2
|
Inti
|
Stimulation (memberi stimulus)
1.
Peserta didik memperhatikan dan
mengamati beberapa contoh gambar dan
hasil karya siswa yang telah disediakan.
2.
Guru memaparkan permasalahan yang
berkaitan dengan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan
inspirasi budaya lokal non benda sampai peserta didik dapat berpikir dan
bertanya.
Problem Statement (mengidentifikasi
masalah):
1.
Perserta didik membagi diri dalam
beberapa kelompok (penentuan kelompok ditetapkan oleh guru). Tiap kelompok
terdiri 4–5 orang.
2.
Peserta didik berdiskusi dalam
kelompok untuk membahas tentang jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal
non benda dan melanjutkan membuat produk kerajinan dengan inspirasi budaya
non benda yang memanfaatkan barang bekas seperti kulit gonggong dan kertas
Koran.
3.
Dibagikan bahan bacaan tambahan
disamping buku-buku yang telah dimiliki peserta didik untuk bahan diskusi perserta
didik.
Problem Statement
(pertanyaan/indentifikasi masalah);
1.
Peserta didik diminta mengemukakan sebanyak mungkin pertanyaan
yang berkaitan dengan hasil pengamatannya contoh pertanyaan:
a.
Apa yang dimaksud dengan produksi
kerajian dengan inspirasi budaya non benda?
b.
Mengapa produksi kerajinan yang kita
pelajari harus menginspirasi budaya non benda?
Data Collecting (mengumpulkan data);
1. Peserta didik mencari dan mengumpulkan
data dari hasil diskusi maupun dari tayangan presentasi tentang:
a. Produksi
kerajinan dengan inspirasi budaya non benda yang memanfaatkan sumber daya
yang ada pada lingkungan sekitar dengan memanfaatkan barang-barang bekas.
2. Peserta didik terlibat aktif dalam
diskusi dan mengkaji peristiwa-peristiwa yang disajikan kemudian menyelesaikan
masalah yang ada, peserta didik termotivasi untuk berdiskusi dalam menggali
informasi dari berbagai sumber maupun hand-out yang telah dibagikan.
3. Peserta
didik termotivasi untuk berdiskusi tentang konsep produksi kerajian dengan
inspirasi budaya non benda, serta mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan
memverifikasi dengan data-data pada
buku sumber dan hasil diskusi kelompok.
Data Processing (mengolah data);
1. Peserta didik menuliskan hasil
diskusi pada lembar aktivitas siswa
2. Guru memantau jalannya diskusi dan
membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil-hasil kerja kelompok.
Verification
(memverifikasi);
1. Setiap kelompok mempresentasikan
sajian/paparan serta menilai hasil kerja dari kelompok lain dan perwakilan
kelompok untuk memberikan tanggapan dengan mengajukan pertanyaan,meminta
konfirmasi ataupunmemberikan masukkan terhadap kelompok lainnya.
2. Guru mencatat hal-hal yang
menyimpang atau tumpang tindih atau “unik” antara kelompok yang satu dengan yang lain.
3. Guru menilai keaktifan peserta
didik (individu dan kelompok) dalam kelas saat berdiskusi,
merancang/melakukan penyelidikan sederhana maupun presentasi berlangsung.
Generalization (menyimpulkan);
1. Peserta didik mengkaji ulang dan
menyimpulkan hasil diskusi dalam kelompok tentang Produksi kerajinan dengan
inspirasi budaya non benda.
2. Guru memberikan penguatan dengan memberikan penjelasan pada
materi baru dan berbeda pada tiap
kelompok.
3.
Menyimpulkan hasil verifikasi data-data terhadap produksi kerajinan
dengan inspirasi budaya non benda.
|
70 Menit
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Karimun
Mata Pelajaran : Prakarya
Kelas / Semester : X / Ganjil
Materi Pokok :
Sistem Produksi Kerajinan
Alokasi Waktu :
6JP (3 x Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
Kompetensi sikap spiritual dan sosial:
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
Kompetensi pengetahuan:
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi
pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural,dan metakognitif
berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,budaya,dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan,kebangsaan,
kenegaraan,dan
peradaban terkait
penyebabfenomena dan
kejadian,
serta menerapkan
pengetahuan prosedural
padabidang kajianyang spesifik sesuai
denganbakat
dan minatnyauntuk memecahkan
masalah.
Kompetensi keterampilan:
KI4: Mengolah,menalar,menyaji,dan
menciptadalamranah
konkret dan
ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinyadi
sekolah
secara mandiri
sertabertindak secara
efektifdan
kreatif,danmampumenggunakan metodasesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan IndikatorPencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
DARI KI 3
|
KOMPETENSI DASAR
DARI KI 4
|
3.3. Memahami sistem produksi kerajinan dengan inspirasi budaya
lokal non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang
dimiliki oleh daerah setempat
|
4.3. Memproduksi kerajinan dengan inspirasi budaya local non benda
dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah
setempat.
|
1.
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3.1.
Menyebutkan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2.Menjelaskan macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi
budaya lokal non benda.
3.3.3.Menentukan
teknik produksi kerajinan
3.3.4.Menguraikan
tahapan proses produksi kerajinan
3.3.5.Menerapkan
teknik penyajian pengemasan
|
1.
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
4.4.1.Membuat kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda
dan material daerah sekitar.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model
pembelajarandiscovery learningdengan
pendekatan sanitifik, peserta didik
dapat membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas ( kulit gonggong
dan Koran ) sebagai bahan material sehingga peserta didik dapat membuat
kerajian dengan inspirasi budaya non
benda secara kelompok, serta peserta didik dapat menampilkan hasil
karyanya sendiri,
dengan peduli, responsif, tanggung jawab, dan proaktif selama proses
pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D.
Materi
Pembelajaran
Struktur dan fungsi jaringan hewan
1.Produksi
kerajinan dengan inspirasi budaya non benda
2. Jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.
Macam-
macam kerajian berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
4. Teknik produksi kerajinan
5. Tahapan proses produksi kerajinan
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Ceramah,
diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan
Model : Discovery
Learning
F.
Media Pembelajaran
Media/Alat : Kertas
Koran, kulit gonggong, tang, kawat, cat
G. Sumber Belajar
1.
Buku Prakarya Kelas X , Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta 2017
2.
Internet.
3.
Buku/sumber
lain yang relevan.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.3.1.Menyebutkan jenis dan
karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2. Menjelaskan macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi
budaya lokal non benda.
4.3.1. .Membuat
kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar.
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Guru
memberi salam, dilanjutkan dengan meminta salah seorang peserta didik memandu
do’a.
b. Menyanyikan
lagu Indonesia Raya (khusus di jam pertama) setelah itu guru menanyakan
“kabar” kepada peserta didik, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
c. Guru
mengajak peserta didik untuk membersihkan sampah yang ada di bawah
meja/bangku masing-masing.
d. Dilanjutkan
dengan kegiatan Literasi
e.
Memotivasi siswa dengan menunjukkan
hasil karya peserta didik sebelumnya tentang pemanfaatan barang bekas,
kemudian guru mengajukan pertanyaan “
Berdasarkan hasil kerajinan tangan yang kalian lihat, dapatkah kalian
melanjutkan dan membuat kerajian tangan dengan karya kalian? Dengan inspirasi
buadaya non benda?
f. Guru
mengajakpeserta didik mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan menyampaikan
cakupan materi.
g.
Guru menyampaikan
metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat
membahas materi Produksi kerjinan dengan inspirasi budaya non benda.
|
10 Menit
|
2
|
Inti
|
Stimulation (memberi stimulus)
1.
Peserta didik memperhatikan dan
mengamati beberapa contoh gambar dan
hasil karya siswa yang telah disediakan.
2.
Guru memaparkan permasalahan yang
berkaitan dengan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan
inspirasi budaya lokal non benda sampai peserta didik dapat berpikir dan
bertanya.
Problem Statement (mengidentifikasi
masalah):
1.
Perserta didik membagi diri dalam
beberapa kelompok (penentuan kelompok ditetapkan oleh guru). Tiap kelompok
terdiri 4–5 orang.
2.
Peserta didik berdiskusi dalam
kelompok untuk membahas tentang jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal
non benda dan melanjutkan membuat produk kerajinan dengan inspirasi budaya
non benda yang memanfaatkan barang bekas seperti kulit gonggong dan kertas
Koran.
3.
Dibagikan bahan bacaan tambahan
disamping buku-buku yang telah dimiliki peserta didik untuk bahan diskusi perserta
didik.
Problem Statement
(pertanyaan/indentifikasi masalah);
1.
Peserta didik diminta mengemukakan sebanyak mungkin pertanyaan
yang berkaitan dengan hasil pengamatannya contoh pertanyaan:
a.
Apa yang dimaksud dengan produksi
kerajian dengan inspirasi budaya non benda?
b.
Mengapa produksi kerajinan yang kita
pelajari harus menginspirasi budaya non benda?
Data Collecting (mengumpulkan data);
1. Peserta didik mencari dan mengumpulkan
data dari hasil diskusi maupun dari tayangan presentasi tentang:
a. Produksi
kerajinan dengan inspirasi budaya non benda yang memanfaatkan sumber daya
yang ada pada lingkungan sekitar dengan memanfaatkan barang-barang bekas.
2. Peserta didik terlibat aktif dalam
diskusi dan mengkaji peristiwa-peristiwa yang disajikan kemudian menyelesaikan
masalah yang ada, peserta didik termotivasi untuk berdiskusi dalam menggali
informasi dari berbagai sumber maupun hand-out yang telah dibagikan.
3. Peserta
didik termotivasi untuk berdiskusi tentang konsep produksi kerajian dengan
inspirasi budaya non benda, serta mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan
memverifikasi dengan data-data pada
buku sumber dan hasil diskusi kelompok.
Data Processing (mengolah data);
1. Peserta didik menuliskan hasil
diskusi pada lembar aktivitas siswa
2. Guru memantau jalannya diskusi dan
membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil-hasil kerja kelompok.
Verification
(memverifikasi);
1. Setiap kelompok mempresentasikan
sajian/paparan serta menilai hasil kerja dari kelompok lain dan perwakilan
kelompok untuk memberikan tanggapan dengan mengajukan pertanyaan,meminta
konfirmasi ataupunmemberikan masukkan terhadap kelompok lainnya.
2. Guru mencatat hal-hal yang
menyimpang atau tumpang tindih atau “unik” antara kelompok yang satu dengan yang lain.
3. Guru menilai keaktifan peserta
didik (individu dan kelompok) dalam kelas saat berdiskusi,
merancang/melakukan penyelidikan sederhana maupun presentasi berlangsung.
Generalization (menyimpulkan);
1. Peserta didik mengkaji ulang dan
menyimpulkan hasil diskusi dalam kelompok tentang Produksi kerajinan dengan
inspirasi budaya non benda.
2. Guru memberikan penguatan dengan memberikan penjelasan pada
materi baru dan berbeda pada tiap
kelompok.
3.
Menyimpulkan hasil verifikasi data-data terhadap produksi kerajinan
dengan inspirasi budaya non benda.
|
70 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar