Minggu, 12 November 2017

RRP PRAKARYA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                                   :  SMA Negeri 2 Karimun
Mata Pelajaran                        :  Prakarya
Kelas / Semester                      :  X / Ganjil
Materi Pokok                          :  Sistem Produksi Kerajinan
Alokasi Waktu                        :  6JP (3 x Pertemuan)


A.       Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi sikap spiritual dan sosial:
         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi pengetahuan:
KI3:     Memahami,menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,konseptual, prosedural,dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural padabidang kajianyang spesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah.
Kompetensi keterampilan:
KI4:     Mengolah,menalar,menyaji,dan menciptadalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinyadi sekolah secara mandiri sertabertindak secara efektifdan kreatif,danmampumenggunakan metodasesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan IndikatorPencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DARI KI 3
KOMPETENSI DASAR DARI KI 4
3.3. Memahami sistem produksi kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.3. Memproduksi kerajinan dengan inspirasi budaya local non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.
1.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3.1. Menyebutkan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2.Menjelaskan  macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda.
3.3.3.Menentukan teknik produksi kerajinan
3.3.4.Menguraikan tahapan proses produksi kerajinan
3.3.5.Menerapkan teknik penyajian pengemasan

1.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.4.1.Membuat kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar.

C.       Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajarandiscovery learningdengan pendekatan sanitifik, peserta didik  dapat membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas ( kulit gonggong dan Koran ) sebagai bahan material sehingga peserta didik dapat membuat kerajian  dengan inspirasi budaya non benda secara kelompok, serta peserta didik dapat menampilkan hasil



karyanya sendiri, dengan peduli, responsif, tanggung jawab, dan proaktif selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.

D.          Materi Pembelajaran
Struktur dan fungsi jaringan hewan
                        1.Produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda
 2.   Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.   Macam- macam kerajian berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
4.   Teknik produksi kerajinan
5.   Tahapan proses produksi kerajinan

E.        Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Metode            : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab,  dan penugasan
Model              : Discovery Learning

F.        Media Pembelajaran
Media/Alat      : Kertas Koran, kulit gonggong, tang, kawat, cat

G.       Sumber Belajar
1.      Buku Prakarya  Kelas X , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta 2017
2.      Internet.
3.      Buku/sumber lain yang relevan.

H.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.3.1.Menyebutkan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2. Menjelaskan  macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda.
4.3.1. .Membuat kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar.
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
a.      Guru memberi salam, dilanjutkan dengan meminta salah seorang peserta didik memandu do’a.
b.     Menyanyikan lagu Indonesia Raya (khusus di jam pertama) setelah itu guru menanyakan “kabar” kepada peserta didik, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
c.      Guru mengajak peserta didik untuk membersihkan sampah yang ada di bawah meja/bangku masing-masing.
d.     Dilanjutkan dengan kegiatan Literasi
e.       Memotivasi siswa dengan menunjukkan hasil karya peserta didik sebelumnya tentang pemanfaatan barang bekas, kemudian guru mengajukan  pertanyaan “ Berdasarkan hasil kerajinan tangan  yang kalian lihat, dapatkah kalian melanjutkan dan membuat kerajian tangan dengan karya kalian? Dengan inspirasi buadaya non benda?
f.       Guru mengajakpeserta didik mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan menyampaikan cakupan materi.
g.      Guru menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Produksi kerjinan dengan inspirasi budaya non benda.
10 Menit
2
Inti
Stimulation (memberi stimulus)
1.      Peserta didik memperhatikan dan mengamati beberapa contoh gambar  dan hasil karya siswa yang telah disediakan.

2.      Guru memaparkan permasalahan yang berkaitan dengan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya.
Problem Statement (mengidentifikasi masalah):
1.      Perserta didik membagi diri dalam beberapa kelompok (penentuan kelompok ditetapkan oleh guru). Tiap kelompok terdiri 4–5 orang.
2.      Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk membahas tentang  jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda dan melanjutkan membuat produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda yang memanfaatkan barang bekas seperti kulit gonggong dan kertas Koran.
3.      Dibagikan bahan bacaan tambahan disamping buku-buku yang telah dimiliki peserta didik untuk bahan diskusi perserta didik.

Problem Statement (pertanyaan/indentifikasi masalah);
1.      Peserta didik diminta  mengemukakan sebanyak mungkin  pertanyaan  yang berkaitan dengan hasil pengamatannya contoh pertanyaan:
a.   Apa yang dimaksud dengan produksi kerajian dengan inspirasi budaya non benda?
b.   Mengapa produksi kerajinan yang kita pelajari harus menginspirasi budaya non benda?

Data Collecting (mengumpulkan data);
1.      Peserta didik mencari dan mengumpulkan data dari hasil diskusi maupun dari tayangan presentasi tentang:
a.       Produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda yang memanfaatkan sumber daya yang ada pada lingkungan sekitar dengan memanfaatkan barang-barang bekas.
2.      Peserta didik terlibat aktif dalam diskusi dan mengkaji peristiwa-peristiwa yang disajikan kemudian menyelesaikan masalah yang ada, peserta didik termotivasi untuk berdiskusi dalam menggali informasi dari berbagai sumber maupun hand-out yang telah dibagikan.
3.      Peserta didik termotivasi untuk berdiskusi tentang konsep produksi kerajian dengan inspirasi budaya non benda, serta mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan  memverifikasi dengan data-data pada buku sumber dan hasil diskusi kelompok.
Data Processing (mengolah data);
1.      Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada lembar aktivitas siswa
2.      Guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
3.      Masing-masing kelompok  mempresentasikan hasil-hasil kerja kelompok.
Verification (memverifikasi);
1.      Setiap kelompok mempresentasikan sajian/paparan serta menilai hasil kerja dari kelompok lain dan perwakilan kelompok untuk memberikan tanggapan dengan mengajukan pertanyaan,meminta konfirmasi ataupunmemberikan masukkan terhadap kelompok lainnya.
2.      Guru mencatat hal-hal yang menyimpang atau tumpang tindih atau “unik” antara  kelompok yang satu dengan yang lain.
3.      Guru menilai keaktifan peserta didik (individu dan kelompok) dalam kelas saat berdiskusi, merancang/melakukan penyelidikan sederhana maupun presentasi berlangsung.

Generalization (menyimpulkan);
1.      Peserta didik mengkaji ulang dan menyimpulkan hasil diskusi dalam kelompok tentang Produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda.
2.      Guru memberikan penguatan  dengan memberikan penjelasan pada materi  baru dan berbeda pada tiap kelompok.

3.      Menyimpulkan hasil verifikasi  data-data terhadap produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda.

70 Menit


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                                   :  SMA Negeri 2 Karimun
Mata Pelajaran                        :  Prakarya
Kelas / Semester                      :  X / Ganjil
Materi Pokok                          :  Sistem Produksi Kerajinan
Alokasi Waktu                        :  6JP (3 x Pertemuan)

A.       Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi sikap spiritual dan sosial:
            Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi pengetahuan:
KI3:     Memahami,menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,konseptual, prosedural,dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural padabidang kajianyang spesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah.
Kompetensi keterampilan:
KI4:     Mengolah,menalar,menyaji,dan menciptadalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinyadi sekolah secara mandiri sertabertindak secara efektifdan kreatif,danmampumenggunakan metodasesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan IndikatorPencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DARI KI 3
KOMPETENSI DASAR DARI KI 4
3.3. Memahami sistem produksi kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.3. Memproduksi kerajinan dengan inspirasi budaya local non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.
1.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3.1. Menyebutkan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2.Menjelaskan  macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda.
3.3.3.Menentukan teknik produksi kerajinan
3.3.4.Menguraikan tahapan proses produksi kerajinan
3.3.5.Menerapkan teknik penyajian pengemasan

1.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.4.1.Membuat kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar.

C.       Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajarandiscovery learningdengan pendekatan sanitifik, peserta didik  dapat membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas ( kulit gonggong dan Koran ) sebagai bahan material sehingga peserta didik dapat membuat kerajian  dengan inspirasi budaya non benda secara kelompok, serta peserta didik dapat menampilkan hasil



karyanya sendiri, dengan peduli, responsif, tanggung jawab, dan proaktif selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.

D.          Materi Pembelajaran
Struktur dan fungsi jaringan hewan
                        1.Produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda
 2.   Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.   Macam- macam kerajian berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
4.   Teknik produksi kerajinan
5.   Tahapan proses produksi kerajinan

E.        Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Metode            : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab,  dan penugasan
Model              : Discovery Learning

F.        Media Pembelajaran
Media/Alat      : Kertas Koran, kulit gonggong, tang, kawat, cat

G.       Sumber Belajar
1.      Buku Prakarya  Kelas X , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta 2017
2.      Internet.
3.      Buku/sumber lain yang relevan.

H.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.3.1.Menyebutkan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
3.3.2. Menjelaskan  macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda.
4.3.1. .Membuat kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar.
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
a.      Guru memberi salam, dilanjutkan dengan meminta salah seorang peserta didik memandu do’a.
b.     Menyanyikan lagu Indonesia Raya (khusus di jam pertama) setelah itu guru menanyakan “kabar” kepada peserta didik, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
c.      Guru mengajak peserta didik untuk membersihkan sampah yang ada di bawah meja/bangku masing-masing.
d.     Dilanjutkan dengan kegiatan Literasi
e.       Memotivasi siswa dengan menunjukkan hasil karya peserta didik sebelumnya tentang pemanfaatan barang bekas, kemudian guru mengajukan  pertanyaan “ Berdasarkan hasil kerajinan tangan  yang kalian lihat, dapatkah kalian melanjutkan dan membuat kerajian tangan dengan karya kalian? Dengan inspirasi buadaya non benda?
f.       Guru mengajakpeserta didik mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan menyampaikan cakupan materi.
g.      Guru menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi Produksi kerjinan dengan inspirasi budaya non benda.
10 Menit
2
Inti
Stimulation (memberi stimulus)
1.      Peserta didik memperhatikan dan mengamati beberapa contoh gambar  dan hasil karya siswa yang telah disediakan.

2.      Guru memaparkan permasalahan yang berkaitan dengan jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya.
Problem Statement (mengidentifikasi masalah):
1.      Perserta didik membagi diri dalam beberapa kelompok (penentuan kelompok ditetapkan oleh guru). Tiap kelompok terdiri 4–5 orang.
2.      Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk membahas tentang  jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda dan melanjutkan membuat produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda yang memanfaatkan barang bekas seperti kulit gonggong dan kertas Koran.
3.      Dibagikan bahan bacaan tambahan disamping buku-buku yang telah dimiliki peserta didik untuk bahan diskusi perserta didik.

Problem Statement (pertanyaan/indentifikasi masalah);
1.      Peserta didik diminta  mengemukakan sebanyak mungkin  pertanyaan  yang berkaitan dengan hasil pengamatannya contoh pertanyaan:
a.   Apa yang dimaksud dengan produksi kerajian dengan inspirasi budaya non benda?
b.   Mengapa produksi kerajinan yang kita pelajari harus menginspirasi budaya non benda?

Data Collecting (mengumpulkan data);
1.      Peserta didik mencari dan mengumpulkan data dari hasil diskusi maupun dari tayangan presentasi tentang:
a.       Produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda yang memanfaatkan sumber daya yang ada pada lingkungan sekitar dengan memanfaatkan barang-barang bekas.
2.      Peserta didik terlibat aktif dalam diskusi dan mengkaji peristiwa-peristiwa yang disajikan kemudian menyelesaikan masalah yang ada, peserta didik termotivasi untuk berdiskusi dalam menggali informasi dari berbagai sumber maupun hand-out yang telah dibagikan.
3.      Peserta didik termotivasi untuk berdiskusi tentang konsep produksi kerajian dengan inspirasi budaya non benda, serta mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan  memverifikasi dengan data-data pada buku sumber dan hasil diskusi kelompok.
Data Processing (mengolah data);
1.      Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada lembar aktivitas siswa
2.      Guru memantau jalannya diskusi dan membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
3.      Masing-masing kelompok  mempresentasikan hasil-hasil kerja kelompok.
Verification (memverifikasi);
1.      Setiap kelompok mempresentasikan sajian/paparan serta menilai hasil kerja dari kelompok lain dan perwakilan kelompok untuk memberikan tanggapan dengan mengajukan pertanyaan,meminta konfirmasi ataupunmemberikan masukkan terhadap kelompok lainnya.
2.      Guru mencatat hal-hal yang menyimpang atau tumpang tindih atau “unik” antara  kelompok yang satu dengan yang lain.
3.      Guru menilai keaktifan peserta didik (individu dan kelompok) dalam kelas saat berdiskusi, merancang/melakukan penyelidikan sederhana maupun presentasi berlangsung.

Generalization (menyimpulkan);
1.      Peserta didik mengkaji ulang dan menyimpulkan hasil diskusi dalam kelompok tentang Produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda.
2.      Guru memberikan penguatan  dengan memberikan penjelasan pada materi  baru dan berbeda pada tiap kelompok.

3.      Menyimpulkan hasil verifikasi  data-data terhadap produksi kerajinan dengan inspirasi budaya non benda.

70 Menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar