RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 2 Karimun
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/ Semester : X / Satu
Materi Pokok : Kegiatan Ekonomi
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (2 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual dan Sosial:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dan menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi :
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.3 Menganalisis kegiatan ekonomi
|
Pertemuan 1
3.3.1 Menjelaskan kegiatan produksi
3.3.2 Menjelaskan
kegiatan distribusi
Pertemuan 2
3.3.3 Menjelaskan kegiatan komsumsi
3.3.4 Uji kompetensi kegiatan produksi, distribusi dan
komsumsi
|
4.3
Menyajikan hasil analisis
Kegiatan ekonomi
|
4.3.1.Mempresentasikan hasil analisis
kegiatan ekonomi mendaur ulang sampah di SMA Negeri 2 Karimun menjadi layak
pakai kembali
|
C.
Tujuan Pembelajaran.
Melalui pendekatan saintifik
dengan menggunakan model pembelajaran discovery
learning, peserta didik dapat menganalisis masalah ekonomi dalam sistem
ekonomi dan menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras dan bekerja sama.
D.
Materi
Pembelajaran
Kegiatan ekonomi
1.
Kegiatan Produksi
F Pengertian produksi
F Faktor – faktor produksi
F Teori perilaku produsen
F Konsep biaya produksi
F Konsep penerimaan
F Laba maksimun
2.
Kegiatan Distribusi
F Pengertian distribusi
F Faktor – faktor yang mempengaruhi distribusi
F Mata rantai distribusi
F Pelaku distribusi
3.
Kegiatan Konsumsi
F Pengertian konsumsi
F Faktor – faktor yang mempengaruhi komsumsi
F Teori perilaku konsumen
E. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Model :
Discovery Learning
c.
Metode
: Ceramah, Diskusi, tanya jawab
dan penugasan
F.
Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Peta Konsep, Power point, LCD,
Laptop
b. Sumber Belajar : Buku
Ekonomi Ismawanto 1 Kurikulum 2013, Kelompok Peminatan Ilmu Sosial, CV Putra Kertonatan,
Surakarta dan buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn,
internet dan nara sumber ,
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas
dipersiapkan agar lebih kondusif
untuk proses belajar mengajar; kerapian
dan kebersihan ruang kelas, berdoa, menyanyikan
lagu Indonesia Raya (Jika mengajar pada Jam Pertama) absensi, menyiapkan
media dan alat serta
buku yang
diperlukan)
2. Guru
menyampaikan topik pembelajaran kegiatan ekonomi
dan mengajukan pertanyaan keterkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya
3. Guru
menyampaikan pokok – pokok materi yang akan dipelajari serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1. Peserta
didik mengamati gambar
yang berkaitan dengan materi kegiatan ekonomi yang ditayangkan oleh guru.
2. Peserta
didik menanggapi gambar yang
berkaitan kegiatan ekonomi ekonomi dengan mengajukan pertanyaan dan peserta
didik yang lain saling menanggapi.
3. Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru tentang berbagai permasalahan yang
berkaitan dengan kegiatan ekonomi.
4. Peserta
didik berkumpul dikelompok masing-masing untuk mendiskusikan lembar kerja kelompok
yang diberikan oleh guru dengan membaca
buku referensi yang ada maupun
internet.
5. Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi secara bergantian
dan kelompok yang lain saling menanggapi
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Guru
bersama – sama dengan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
permasalahan ekonomi yang telah dipelajari
2. Guru
memberikan tugas mendaur ulang limbah sampah disekitar SMA Negeri 2 Karimun sebagai nilai keterampilan
3. Guru
menyampaikan motivasi untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu
nasioanal,
salam dan doa.
|
15 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar